Study Case
PT Katapedia Indonesia adalah salah satu perusahaan social media monitoring di Indonesia. Mereka menyediakan jasa monitoring social dan analytics untuk perusahaan-perusahaan besar dan tokoh politik di Indonesia.
Masalah
Salah satu klien terbesar Katapedia datang dari industry politik. Di tahun 2014, suhu dan iklim politik di Indonesia menghangat karena adanya pemilihan presiden. Banyak sekali partai politik dan anggota politik yang membutuhkan jasa Katapedia. Namun, budget Katapedia tidak terlalu besar untuk bisa didengar industry politik. Akhirnya, investor mereka (Right Pulse Ventures) menggunakan jasa kami untuk memanfaatkan momentum politik Indonesia.
Solusi
Tim Penulis.ID menyadari bahwa Katapedia tidak mempunyai budget untuk mengiklan di media. Maka, untuk membuat nama Katapedia terdengar, kami memanfaatkan situasi politik Indonesia. Menggunakan teknologi Katapedia, kami mendapatkan data opini publik Indonesia tentang pemilihan presiden. Kami tahu jurnalis media manapun membutuhkan data ini. Maka tim Penulis.ID menulis press release di tiap sebelum dan setelah debat presiden antara Jokowi dan Prabowo. Nama Katapedia mulai terdengar sebagai penyedia data opini publik di social media.
Hasil
Katapedia berhasil tampil di 50 berita nasional, termasuk Kompas dan Jawa Pos yang merupakan dua Koran terbesar di Indonesia. Menggunakan strategi yang sama, kami juga berkolaborasi dengan SWA, salah satu media bisnis terbesar di Indonesia, untuk membuat berita mengenai pebisnis dan brand yang popular di dunia social media Indonesia. Katapedia berhasil tampil di 5 edisi majalah SWA.