Dengan budget marketing yang lebih terbatas, startup harus lebih cerdas dalam mengalokasikan budgetnya. Inbound marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang sangat cocok bagi startup. Penulis.ID telah berpengalaman untuk membantu startup mengeksekusi strategi inbound marketing mereka.

zenrooms
midtrans
sleekr
quipper

Study Case

 

Zenrooms adalah startup hotel booking yang dimiliki oleh grup Rocket Internet. Seperti startup milik Rocket Internet lainnya, Zenrooms ditargetkan untuk menguasai pangsa pasar hotel booking Indonesia dengan sangat cepat.

Masalah

zenrooms2

microad

Persaingan startup dan incumbent di dunia hotel booking sangat sengit. Selain bersaing mengenai kualitas, Zenrooms juga harus agresif dalam marketing dan mencoba semua channel marketing, termasuk inbound marketing.

Zenrooms juga harus membangun brand awareness di kalangan calon pelanggan. Tantangan ini cukup berat karena Zenrooms merupakan brand baru dan seperti pemain baru lainnya, belum mendapat kepercayaan dari calon pelanggan.

Solusi

 

Bekerja sama dengan tim marketing Zenrooms, Penulis.ID mengeksekusi strategi inbound marketing Zenrooms. Salah satu strategi adalah membuat travel blog untuk market Indonesia. Selain merupakan usaha SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website Zenrooms, travel blog ini juga menghasilkan pelanggan baru bagi Zenrooms. Strateginya cukup sederhana. Kami membahas tempat wisata ataupun tempat-tempat menarik lainnya di Indonesia dan merekomendasikan beberapa hotel yang tepat apabila calon pelanggan ingin berkunjung ke sana. Hotel yang kami rekomendasikan bisa dibooking melalui Zenrooms.

Selain travel blog dalam internal website Zenrooms, tim Penulis.ID juga mengeksekusi strategi inbound marketing dengan membuat banyak blog terpisah yang digunakan sebagai backlink Zenrooms.

Hasil

 

Jumlah pengunjung Zenrooms meningkat perlahan. Artikel yang menggunakan strategi trend jacking seperti pembahasan tempat wisata Jogjakarta ketika ramai film “Ada Apa Dengan Cinta 2” berhasil menarik banyak pengunjung ke website Zenrooms. Backlink yang dibangun menggunakan blog luar juga mulai membuahkan hasil SEO yang bagus.

Kombinasi antara SEO dan trend jacking dalam strategi inbound marketing Zenrooms berhasil menghasilkan pertumbuhan yang layak bagi sebuah startup yang didanai oleh Rocket Internet.

Coba Gratis!