Skip to content

Penulis.ID adalah merek yang muncul ketika para founders melakukan pivot dari bisnis asli saat didirikan (media “Studentpreneur”). Menariknya, perusahaan ini pernah 3x hampir bangkrut. Ini dia cerita menariknya:

 

1. Ditinggal Yahoo! Indonesia

Ketika perusahaan masih bernama Studentpreneur, kita berhasil menjadi salah satu media paling populer di Yahoo! Indonesia. Sayangnya, tiba-tiba Yahoo! memutuskan untuk keluar dari Indonesia. Keputusan mendadak ini menyebabkan 90% penghasilan Studentpreneur terputus. Salah satu founders, Edbert Johnson, waktu itu menggadaikan ijazahnya untuk bisa membayar gaji karyawan.

 

Saat itu para founders memutuskan untuk melakukan pivot dari bisnis media menjadi bisnis untuk menyediakan jasa konten dan diberi nama Penulis.ID. Saat ini, Penulis.ID menjadi bisnis utama kita, dan Studentpreneur sudah tidak dilanjutkan lagi. Namun sayangnya kita harus kehilangan salah satu founder kita. Edbert memutuskan untuk fokus mengabdi ke gereja dan tidak terjun di dunia konten lagi.

 

2. Kehilangan Telkomsel Loop

Penulis.ID bisa bertahan di 2 tahun pertama karena mendapatkan kepercayaan dari Telkomsel untuk menangani konten Telkomsel Loop. Kita belajar bisnis konten dengan mengerjakan project Loop tersebut. Sayangnya, saat belajar, kita lupa untuk “berkembang”. Ketergantungan ke Loop sangat besar.

 

Setelah 2 tahun memegang Loop, hari buruk itu tiba. Telkomsel Loop memutuskan untuk tidak bekerjasama lagi dengan Penulis.ID. Kejadian Yahoo! hampir terulang. Untungnya, founders waktu itu menyadari beberapa bulan sebelum kejadian. Sehingga Penulis.ID telah memiliki beberapa klien yang meskipun lebih kecil dari Telkomsel, bisa membuat kita bertahan. Namun tetap kita harus mengambil keputusan berat dan melepas lebih dari 50% karyawan kita di tahun itu.

3. Pandemi

Saat bisnis berjalan dengan baik, tidak ada yang menyangka Covid menyerang di tahun 2020. Hampir semua klien kita memutuskan untuk tidak melanjutkan kerjasama, dan industri startup bertekuk lutut terkena dampak Covid. Yovita yang saat itu baru saja ditunjuk menjadi Deputy Director, mengambil keputusan berat untuk melepas semua orang kecuali hanya 3 orang karyawan termasuk dirinya. Kita juga kehilangan dua orang founder kita, Ivo dan Adhika di awal pandemi memutuskan untuk bekerja di tempat lain terlebih dahulu.

 

Kondisi berat Covid berjalan hingga akhirnya di bulan Maret 2022 salah satu founder kita, Adhika, memutuskan untuk kembali membantu Penulis.ID. Perlahan tapi pasti, perusahaan kita berhasil bangkit dari Covid.

Meskipun sudah pernah 3x hampir bangkrut, perusahaan kita masih tetap bisa bertahan sampai sekarang, dan bahkan berada di posisi yang cukup baik untuk kembali tumbuh. Kami yakin, semua masalah yang pernah kita alami akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan berguna ketika kita tumbuh nanti.